Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Monday, February 10, 2020

Ternyata, inilah Manfaat Lain Daun Bidara

Gambar : https://taqinwallpaper.blogspot.com/search?q=bidara
Bagi sebagian orang, tumbuhan yang satu ini pasti tidaklah asing. Apalagi mere yang sering aktif dalam kegiatan Rukyah, karena daun ini diyakini sebagai media bantu pengusir gangguan makhluk tak terlihat.
Namun siapa sangka, ternyata daun Bidara memiliki banyak manfaat lainnya, selain manfaat tersebut.

Ditulis dalam sebuah laman kesehatan, yaitu Dokter Sehat Com, ada 10 manfaat daun bidara, yaitu :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara yang pertama adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung bermacam jenis dan penyebabnya. Salah satu kondisi yang paling memengaruhi jantung adalah pola makan. Salah satu pola makan yang baik untuk dikonsumsi adalah air rebusan daun bidara.


2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara berikutnya yaitu dipercaya untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.
Selain itu, daun bidara juga dipercaya memiliki senyawa glikosida yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka berasal dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi kulit.

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL dalam darah bisa turun jika Anda mengonsumsi serat yang larut dalam air. Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui feses.

4. Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat daun bidara untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya, makan buahnya, ataupun dengan mengonsumsi teh daun bidara.
Selain itu, daun bidara juga dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Berbagai risiko gangguan pencernaan pun dapat diatasi.

5. Menurunkan Risiko Diabetes 

Manfaat daun bidara lainnya yang bisa didapatkan adalah menurunkan kadar gula darah. Khasiat daun bidara didapatkan apabila Anda meminum air rebusannya secara rutin.
Sementara itu, selain meminum air rebusan daun bidara, penderita diabetes juga diharuskan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula untuk menstabilkan gula darah.

6. Membantu Mengobati Wasir

Manfaat daun bidara yang keenam adalah dapat mengatasi wasir. Penyakit yang satu ini memang bukan penyakit mematikan, tapi tetap saja bisa sangat mengganggu dan juga menyiksa penderitanya.
Cara menggunakan daun bidara untuk wasir dapat dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak.

7. Mengatasi Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, sepertinya Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat daun bidara. Tidak seperti cara-cara sebelumnya, daun bidara tidak direbus akan tetapi dibuat masker. Kandungan antibakteri dalam daun bidara dipercaya membantu mengatasi jerawat.
Selain itu, khasiat daun bidara juga mampu membantu meremajakan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah dengan lebih maksimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulit pun terjaga.

8. Menghilangkan Bakteri

Daun bidara juga dapat digunakan untuk membersihkan tubuh dengan lebih maksimal. Hal inilah yang membuat daun bidara sering dijadikan sebagai bahan utama sabun. Selain itu, daun bidara juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah keputihan yang dialami wanita.
Manfaat daun bidara untuk membersihkan daerah kewanitaan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan manfaat daun sirih. Pada dasarnya daun bidara memang dapat dijadikan sebagai antiseptik, sehingga tidak heran jika terdapat anjuran untuk membersihkan tubuh dengan air rebusan daun bidara.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi daun bidara secara rutin juga diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Daun bidara membantu menurunkan berat badan dengan cara memberikan rasa kenyang lebih lama dan juga membantu dalam pembakaran lemak. Cara menggunakannya adalah dengan meminum air rebusan daun bidara yang direndam semalaman atau dengan konsumsi teh daun bidara.

10. Merawat Rambut

Manfaat daun bidara yang terakhir adalah dapat digunakan untuk perawatan rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan cara menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Selain itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

Bahkan, di laman yang yang lain, yaitu di laman Bola Com, sebuah laman olah raga dijelaskan, ada 23 manfaat daun Bidara, yaitu :

  1. Menyembuhkan luka
  2. Meningkatkan nafsu makan
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Menyehatkan lambung
  5. Mengobati wasir atau ambeiem
  6. Menurunkan tekanan darah tinggi
  7. Menguatkan tulang, otot dan sendi
  8. Menguatkan gigi
  9. Menyehatkan jantung
  10. Mengatasi insomnia atau susah tidur
  11. Melancarkan pencernaan
  12. Mengobati nyeri saat buang air kecil
  13. Menyehatkan mulut
  14. Mencegah kanker dan tumor
  15. Mengatasi siklus haid tidak teratur
  16. Menyehatkan dan menguatkan rambut
  17. Mengatasi jerawat dan bisul
  18. Melepas dahaga
  19. Mempercantik kulit, khususnya wajah
  20. Mencegah kulit kering
  21. Mengatasi ejakulasi dini
  22. Menyembuhkan demam
  23. Mengatasi radang kulit
 Nah, selamat memanfaatkan, salam sehat

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya