Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Tuesday, February 18, 2020

Menjadikan Indah

Gambar : https://taqinwallpaper.blogspot.com/search/label/Nature

Kalau melihat penjelasan di Wikipidia, Indah adalah merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.


Dari definisi itu dapat kita ambil sebuah pemahaman bahwa Indah merupakan penilaian relatif terhadap sesuatu sesuai sudut pandang yang memandang. Sehingga bisa jadi, penilaian tentang indah tiap pandangan tidak akan sama.
Sesuatu yang dikatakan indah oleh seseorang belum tentu indah oleh orang lain. Sekalipun banyak yang menyatakan bahwa sesuatu yang menjadi fokus pandangan itu memang memiliki dasar yang indah.
Misal; penampakan pemandangan alam di sebuah tempat, disepakati banyak pandangan bahwa penampakan itu memang indah, namun kita tidak bisa memastikan kadar indah setiap yang memandang itu sama. Bisa jadi ada yang menyatakan sangat indah, lebih indah, indah, kurang indah, bahkan mungkin saja ada penialaian tidak indah. Karena, tidak ada yang tidak mungkin bila itu terkait dengan sisi rasa dalam diri manusia.

Kalau melihat definisinya demikian, berarti ada kesempatan buat kita untuk membuat "indah" sesuatu untuk diri kita sendiri. Sekalipun hal itu ternilai tidak indah bagi orang lain. Karena, dalam kehidupan ini, banyak hal - hal baik yang tidak tampak indah bagi sebagian besar orang, padahal itu merupakan sesuatu yang sangat bernilai. Karena tidak dipandang sesuatu yang indah, maka cenderung orang akan menghindarinya. Supaya kita tetap bertahan dalam kebaikan yang dipandang tidak indah itu, maka bisa kita pelajari bagaimana caranya untuk merubah penilaian diri supaya hal itu menjadi indah. Sehingga kebahagian yang lahir dari sebuah keindahan rasa akan bisa dikelola oleh diri kita sendiri.

Wallohu'alam

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya