Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Saturday, February 15, 2020

Ternyata, Inilah Manfaat Daun Mulberry

Mulberry atau Blackberry atau sering disebut juga dengan nama murbey merupakan jenis tanaman semak dengan buah berwarna hitam bila sudah matang. Pohon ini sudah tidak asing di beberapa daerah di pulau jawa. Namun masih cukup asing di daerah saya tinggal saat ini di Kalimantan.

Selama ini, orang lebih banyak memanfaatkan buahnya, baik untuk dikonsumsi langsung, mauun dijadikan bahan olahan lainnya.

Ternyata, selain buahnya, daunnya juga memiliki manfaat yang cukup banyak. Bisa dijadikan alternatif obat herbal untuk beberapa manfaat yang bisa kita sesuaikan dengan kondisi kita.

saya akan coba ambil langsung informasinya dari beberapa laman yang membahas khusus daun ini. 

Kita mulai dari sebuah laman yang bernama "Bunga-bunga", di sini dijelaskan ada 12 manfaat daun Mulberry, yaitu ;

1. Mencegah Kegemukan

Kandungan daun murbei yang alami dan sehat dapat menjaga berat badan Anda stabil. Dapat disimpulkan bahwa daun sehat ini dapat melindungi Anda dari kelebihan berat badan dan penyakit akibat lemak tubuh.

2. Mengatasi Panas Dalam

Banyak memiliki khasiat, daun mulberry sangat efektif dalam mengobati gejala panas dalam maupun sembelit. Kondisi tubuh yang tidak sehat tentu akan membuat hari-hari Anda kontraproduktif karena kondisi tubuh yang semakin menurun. rebusan daun murbei dikonsumsi secara teratur, panas dan sembelit dapat diatasi dengan cepat.

3. Mengatasi Hipertensi

Dengan daun murbei Anda bisa mencegah hipertensi sejak dini. Daun yang satu ini adalah daun alami yang merangsang aliran darah dan mencegah tekanan darah yang berlebihan.

4. Menurnkan Kolesterol

Daun mulberry tidak hanya membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga dikatakan sangat efektif dalam menangani kolesterol.
Kolesterol tinggi dan kadar gula adalah suatu kondisi di mana seseorang dapat dengan mudah terinfeksi oleh penyakit serius lainnya. Stroke, diabetes, tekanan darah tinggi adalah beberapa penyakit serius yang biasanya mengintai. 

5. Mencegah Penyakit Stroke
Penyakit yang juga bisa dicegah dengan daun mulberry adalah stroke. Penyakit ini adalah penyakit yang paling umum menyerang tubuh dengan penyakit jantung yang tidak sehat. Coba gunakan daun mulberry sebagai obat herbal.

6. Menyebuhkan Luka

Kondisi kulit yang sehat tentu akan menangkis beberapa penyakit kulit yang sering menyerang. Luka, bisul, borok dan penyakit lainnya dapat dengan mudah diatasi dengan daun murbei. Jangan dikonsumsi, haluskan saja daun mulberry dan oleskan ke permukaan kulit yang terkena luka dan penyakit.

7. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Siapa sangka jika daun mulberry juga membuat jantung Anda sehat? Sejauh ini, banyak orang berpikir bahwa menjaga kesehatan jantung memerlukan biaya mahal. Dengan daun murbei ini Anda tidak perlu khawatir lagi.

8. Baik Untuk Kesehatan Mata

Karena mengandung vitamin A dan beta-karoten, dapat dipastikan bahwa daun mulberry sangat baik untuk kesehatan mata Anda.
Tentu saja, terutama di era digital seperti sekarang ini, masalah kesehatan mata adalah masalah serius yang perlu dijaga dengan baik.
Menjaga kesehatan mata tentunya akan membuat pandangan Anda tentang dunia lebih indah dan bermakna.

9. Menyehatkan Gigi dan Tulang

Anda dapat mengandalkan manfaat daun mulberry untuk kesehatan tulang dan gigi. Senyawa sehat dalam daun ini dapat membantu mengencangkan tulang dan mencegah sakit gigi bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan di dua bagian tubuh Anda ini.

10. Memperlancar Produksi ASI

Khusus untuk ibu muda yang menyusui, konsumsi daun murbei membantu mempercepat produksi ASI.
Faktanya, ada banyak tanaman yang dapat merangsang produksi ASI, tetapi daun mulberry adalah pilihan yang harus Anda coba.
Bukankah kesehatan ibu dan bayi adalah prioritas nomor satu untuk kelancaran produksi ASI?

11. Mengatasi Keputihan

Khasiat daun mulberry sangat bermanfaat bagi wanita yang memiliki masalah dengan keputihan.
Daun ini mencegah keluarnya cairan yang berlebihan dari vagina dan juga mengatasi bau tidak sedap yang disebabkan oleh area intim wanita yang tidak bersih.

12. Mengobati Asam Urat

Sifatnya yang diuretik (peluruh kencing) ini juga berkhasiat untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebihan

Kemudian, di laman yang lain bernama "IDN Time" dijelaskan ada 5 manfaat daun mulberry, yaitu :

1. Mengobati panas dalam dan mengatasi sembelit

Banyak memiliki khasiat, daun murbei sangat efektif mampu mengobati gejala panas dalam sekaligus sembelit. Kondisi tubuh yang tidak sehat tentu saja akan membuat hari-harimu menjadi kontra produktif karena kondisi tubuh yang menurun. Dikonsumsi secara teratur, panas dalam dan sembelit yang kamu derita akan segera teratasi dengan mudah.

2. Menurunkan kadar gula dan anti kolesterol

Selain membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, daun murbei juga dipercaya sangat mujarab mengatasi kolesterol. Kolesterol yang tinggi dan kadar gula merupakan suatu kondisi di mana seseorang bisa dengan mudah terjangkiti penyakit serius lainnya. Stroke, diabetes, darah tinggi, adalah beberapa penyakit serius yang biasanya akan mengintai.

3. Penyembuh luka, borok dan bisul

Kondisi kulit yang sehat tentu saja akan menangkal beberapa penyakit kulit yang biasa menyerang. Luka, borok, bisul, dan lainnya adalah penyakit yang bisa diatasi dengan mudah dengan menggunakan daun murbei. Tak dikonsumsi, cukup haluskan daun murbei dan oleskan pada permukaan kulit yang terkena luka dan penyakit.

4. Kesehatan mata menjadi lebih baik

Karena mengandung vitamin A dan beta karoten, sudah pasti daun murbei sangat baik bagi kesehatan matamu. Terutama di era serba digital seperti sekarang ini, masalah kesehatan mata tentu saja masalah serius yang harus dijaga dengan baik. Menjaga kesehatan mata tentu saja akan membuat pandanganmu tentang dunia menjadi lebih indah dan bermakna.

5. Memperlancar produksi ASI

Terutama bagi ibu muda yang sedang menyusui, mengonsumsi daun murbei akan membantu memperlancar produksi ASI. Memang sih ada banyak tumbuhan yang bisa merangsang produksi ASI, namun daun murbei merupakan pilihan yang wajib kamu coba. Bukankah yang diutamakan bagi kesehatan ibu dan bayi adalah tentang lancarnya produksi ASI?

Kemudian di laman "SehaatQ", dijelaskan ada 7 manfaat daun mulberry, yaitu :

1. Menurunkan kadar gula darah

Daun murbei mengandung beberapa komponen yang dapat membantu mengontrol diabetes. Komponen-komponen tersebut, akan membantu mencegah penyerapan karbohidrat berlebih di saluran cerna, sehingga kadar gula darah bisa terjaga di kadar normal.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun murbei yang satu ini didapatkan dari ekstraknya. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi ekstrak daun murbei tiga kali sehari sebelum makan, terbukti dapat menurunkan kolesterol total, kadar trigliserida, serta kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.
Meski begitu, penelitian ini hanya dilakukan dalam skala yang kecil. Sehingga, masih dibutuhkan penelitian pendukung yang dilakukan dalam skala yang lebih besar untuk benar-benar memastikan bahwa penurunan kolesterol yang terjadi memang konsisten.

3. Mengurangi peradangan

Daun murberi juga memiliki sifat antiradang, sehingga bisa mengurangi risiko tubuh mengalami berbagai penyakit kronis. Teh daun murbei juga disebut berpotensi mengurangi nyeri yang ditimbulkan akibat peradangan di tubuh.

4. Menjaga kesehatan rongga mulut

Sebuah penelitian dilakukan dengan menambahkan ekstrak daun murbei ke dalam permen karet. Hasilnya, permen karet tersebut terbukti efektif mengurangi jumlah bakteri S. mutans di rongga mulut. Bakteri tersebut adalah penyebab utama gigi berlubang.

Ekstrak daun murbei bisa jaga kesehatan hati

5. Baik untuk kesehatan hati

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji dan di laboratorium, ekstrak daun murbei terbukti dapat melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Selain itu, bahan ini juga mampu mengurangi inflamasi atau peradangan yang terjadi di hati.

6. Membantu penurunan berat badan

Kemampuan daun murbei untuk menurunkan berat badan terbukti pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji. Penelitan tersebut menyebutkan bahwa daun murbei bisa meningkatkan kadar pembakaran lemak di tubuh.

7. Mencegah perubahan warna kulit

Ekstrak daun mulberi juga dipercaya dapat mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap pada area tertentu, sehingga menyebabkan kulit menjadi belang. 

Nah, selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya