Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Thursday, March 21, 2019

Nikmatnya Sebuah Proses

Bila kita perhatikan dengan seksama, semua kejadian dalam kehidupan kita mengalami 3 fase utama, yaitu persiapan, pelaksanaan dan hasil (mungkin itu istilah yang penulis pahami). Ketiga fase ini dapat menjadi penentu kualitas dari apa pun yang kita lakukan.

Ada beberapa tipe pemimpin yang lebih fokus pada persiapan dalam sebuah tujuannya, ada pula yang begitu detail memperhatikan proses demi proses dalam menunju tujuannya, dan ada pula yang hanya ingin hasilnya saja, tanpa peduli seperti apa persiapan dan prosesnya. Namun, pada dasarnya itu tidak menjadi masalah bagi siapa saja.


Sebenarnya penulis lebih tertarik pada bagaiman kita menghadirkan sebuah kebahagiaan yang menyeluruh dalam sebuah kegiatan menuju sebuah tujuan. Ketika kita membicarakan sesuatu yang menyeluruh, maka pastinya semua fase harus diperhatikan secara detail dan terperinci. Sehingga dalam hal ini, kita akan masuk pada wilayah proses yang berlangsung dari satu fase ke fase yang, disini kadang menjadi sesuatu yang nikmat bagi sebagian orang yang benar-benar bisa menghadirkan sebuah kebahagiaan yang melebur dalam setiap proses yang terjadi.

Dimana sebenarnya letak kebahagiaan itu ?

Ketika orang lain fokus pada hasil akhir yang akan dicapai, para penikmat proses justru sudah menikmati hasil demi hasil dalam perjalanan sebuah proses. Ibarat orang yang sedang meniti sebuah tangga, setiap ujung dari satu anak tanggga menunju anak tangga berikutnya pasti ada sebuah hasil yang dicapai untuk menuju anak tangga berikutnya. Yang tentunya memang asil paling akhirlah yang menjadi hasil paling besar. Namun, hasil paling akhir tidak akan pernah tercapai bila hasil demi hasil yang kecil-kecil dalam setiap proses ini tidak terjadi.

Nah, para penikmat proses akan merasakan bahagia yang bertubi-tubi sebelum dia merasakan hasil akhir yang lebih basar. namun itu sebuah pilihan tentunya. Kita mau pilih yang mana ?

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya