Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Thursday, March 21, 2019

Penyakit yang Bernama Tergesa-gesa

Ada sebuah prinsip yang menyatakan bahwa semakin cepat akan semakin baik. ada sebagian orang yang menafsirka makna cepat disini dengan tafsir yang berbeda-beda, sehingga segala sesuatu yang cepat itu dinilai sebagai suatu yang baik. Sehingga tidak jarang mereka terjebak pada kondisi tergesa-gesa atau juga dengan istilah terburu-buru.

Perlu kita tegaskan perbedaan dari dua hal yang sekilas sama itu, kondisi yang cepat akan berbeda dengan kondisi tergesa-gesa.


Cepat merupakan proses yang memerlukan waktu yang sedikit walaupun melaluai rentang proses yang panjang, sedangkan tergesa-gesa adalah memiliki kesan mempercepat sebuah proses yang sebenarnya tidak bisa dipercepat, sehingga ada sebagian yang belum sempurna.

Maka tidaklah mengherankan bila kita temukan pada setiap hasil yang tergesa-gesa itu ada sesuatu yang kurang bahkan cacat, karena memang ada hal-hal yang tidak bisa dipaksa untuk cepat.

Maka sikap ini perlu dihindari, dalam risalah Islam pun kita diperintahkan untuk tidak melakukan sebuah pekerjaan dengan tergesa-gesa, apalagi pekerjaan itu adalah ibadah, nikmati saja proses yang seharusnya memang harus dilalui secara detail dan berkesinambungan.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya