Small Scratch to The World

Sunday, January 24, 2010

Petualangan itu Menyenangkan

Hidup adalah petualangan, itulah yang selama ini selalu terbetik dalam benak kita semua. Dan ini pun harus ditamankan pada diri-diri kita yang belum memilikinya. Mengapa demikian ? Karena petualangan merupakan tindakan pencarian terhadapa apapun yang harus kita miliki dalam diri, baik itu bersifat jasmaniah maupun rohaniah. Suatu hal yang naif bila kita merasa ngeri dan takut terdapat istilah ini, karena hakekat kehidupan itu sendiri adalah petualangan, dan petualangan itu menyenangkan, betul atau betul ??? Betul ......he...he...he...

Sebenarnya dalam diri manusia itu sudah dibekali dua potensi besar sebagai modal besar yang akan berkembang tergantung bagaimana manusia itu mengelolanya. Potensi itu adalah aqal untuk berfikir dan nafsu untuk hidup. Namun, dua potensi itu memiliki saingan tandingan yang juga sangat mempengaruhi dua potensi itu, yaitu rasa takut. Takut gagal, takut resiko dan takut menghadapi tantangan.
1. Takut Gagal
Sikap yang satu ini kadang yang membuat orang ragu dan gamang dalam mengambil suatu kerjaan yang asudah ada di tangannya. Dia tidak berani mengelola kerjaan tersebut dengan alasan takut kalu rugi dan takut mengecewakan si pemberi kerjaan. Dan perasaan itu terus diperbesar, sehingga tidak ada yang berani untuk dikerjakan. Alhasil, jangankan keberhasilan yang dicapai, bekas kerjapun jadi tidak nampak.
2. Takut Resiko
Sikap yang satu ini setingkat lebih berbahaya dari yang sebelumnya. Jangankan untuk menangani pekerjaan, memilih peluang yang ada di depan mata saja jadi tidak berani, karena di dalam dirinya tertanam bahwa setiap peluang itu menakutkan.
3. Takut Tantangan
Sikap yang ini hampir setingkat yang kedua, setiap peluang adalah tantangan dan setiap tantangan ada resikonya, itu yang kadang kadang membuat sebagian orang mundur sebelum berjuang.

Oleh karenanya, untuk menjadi manusia yang sukses, perlu ditanamkan dalam diri kita bahwa HIDUP ADALAH PETUALANGAN, PETUALANGAN ITU TANTANGAN, TANTANGAN ITU ADA RESIKONYA, DAN TAKUT GAGAL ITULAH KEGAGALAN TERBESAR. Mari tamankan dalam diri untuk berani mencoba, mencoba dan mencoba. SEMANGAT... SEMANGAT... SEMANGAT...

Share:

4 comments:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Setuju banget. Hidup adalah sebuah petualangan yang penuh resiko dan ancaman kegagalan. Justru lantaran itu hidup menjadi tersa indah dan berarti.

    ReplyDelete
  2. jika saya jatuh 10 kali maka saya akan bangkit 11 kali

    jika saya dipukul 10 sekali maka saya akan pukul 11 kali baru kabur

    he he he he

    ReplyDelete
  3. Artikelnya bagus banget sob, lumayan untuk sekedar mengingatkan biar tetep semangat, makasih sob :)

    Regards,
    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Bisnis internet : KLIK DISINI atau DISINI

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT