Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Sunday, May 12, 2019

Fungsi Kepemimpinan

Pada tulisan ini saya mencoba menyimpan sedikit catatan materi kuliah tentang Kepemimpina atau Leadership, siapa tahu ada teman - teman disana yang juga memerlukan materi serupa.

Terkhusus pada pembahasan Fungsi Kepemimpinan
Kepemimpinan memeiliki beberapa fungsi dalam penerapannya. Kita coba bahas sebagian kecil dari begitu besarnya fungsi kepemimpinan itu, dimulai dari Fungsi pokok kepemimpinan yang meliputi :

Sebagai pengambil keputusan
Dalam hal ini,seorang pemimpin dituntut untuk mampu mengambil sebuah keputusan yang terjadi dalam sebuah organisasi yang sedang ia pimpin.Pengambilan keputusan ini,dilakukan dengan mengadakan sebuah rapat pertimbangan pengambilan keputusan dengan bawahannya.Sehingga pemimpin tidakl terkesan diktator.



Memotivasi anak buah atau bawahan
Seorang pemimpin harus mampu untuk memotivasi serta menginspirasi bawahan sehingga bawahan mampu meningkatkan semangatnya selama ia menjalankan tugasnya seperti yang diinginkan oleh pimpinanya.

Sebagai sumber informasi Pemimpin dalam hal ini bertindak sebagai sumber informasi karena pemimpin merupakan tempat bertanyanya bawahan apabila mengalami kendala dalam menjalankan tugasnya.Oleh karena itu,pemimpin dituntut untuk kaya akan sebuah informasi sehingga mampu memberikan sebuah solusi kepada bawahan ketika mengalami suatu kendala.

Menciptakan keadilan
Pemimpin bertindak sebagai pencipta keadilan karena apabila seorang pemimpin tersebut tidak bersikap adil,maka akan berdampak pada perpecahan dalam sebuah organisasi tersebut.Dalam menyelesaikan konflik yang muncul dalam sebuah organisasi,seorang pemimpin hendaknya tidak berat sebelah sehingga masalah dapat terselesaikan tanpa adanya dampak negatif yang berkelanjutan.

Sebagai seorang mediator
Pemimpin sebagai seorang mediator.Artinya pemimpin tersebut sebagai penengah dari sebuah konflik yang terjadi dalam sebuah organisasi atau lembaga.Munculnya konflik dalam sebuah organisasi tersebut biasanya disebabkan oleh perbedaan pendapat,perbedaan kepentingan dalam organisasi.Otomatis dalam hal ini,seorang pemimpin haruslah mampu mengatasi konflik yang tengah terjadi yaitu pemimpin menjadi seorang penengah atau sebagai seorang mediator.

Dalam bahasan yang lain, fungsi Kepemimpinan menurut Hadari Nawawi memiliki dua dimensi yaitu:

1) Dimensi yang berhubungan dengan tingkat kemampuan mengarahkan dalam tindakan atau aktifitas pemimpin, yang terlihat pada tanggapan orang-orang yang dipimpinya.
2) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksnakan tugas-tugas pokok kelompok atau organisasi, yang dijabarkan dan dimanifestasikan melalui keputusan-keputusan dan kebijakan pemimpin.


Sehubungan dengan kedua dimensi tersebut, menurut Hadari Nawawi, secara operasional dapat dibedakan lima fungsi pokok kepemimpinan, yaitu: 

Fungsi instruktif
Pemimpin berfungsi sebagai komunikator yang menentukan apa (isi perintah), bagaimana (cara mengerjakan perintah), bilamana (waktu memulai, melaksanakan dan melaporkan hasilnya), dan dimana (tempat mengerjakan perintah) agar keputusan dapat diwujudkan secara efektif. Sehingga fungsi orang yang dipimpin hanyalah melaksanakan perintah.

Fungsi konsultatif
Pemimpin dapat menggunakan fungsi konsultatif sebagai komunikasi dua arah. Hal tersebut digunakan manakala pemimpin dalam usaha menetapkan keputusan yang memerlukan bahan pertimbangan dan berkonsultasi dengan orang-orang yang dipimpinnya.

Fungsi partisipasi
Dalam menjaiankan fungsi partisipasi pemimpin berusaha mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya, baik dalam pengambilan keputusan maupun dalam melaksanakannya. Setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan yang dijabarkan dari tugas-tugas pokok, sesuai dengan posisi masing-masing.

Fungsi delegasi
Dalam menjalankan fungsi delegasi, pemimpin memberikan pelimpahan wewenang membuay atau menetapkan keputusan. Fungsi delegasi sebenarnya adalah kepercayaan ssorang pemimpin kepada orang yang diberi kepercayaan untuk pelimpahan wewenang dengan melaksanakannya secara bertanggungjawab. Fungsi pendelegasian ini, harus diwujudkan karena kemajuan dan perkembangan kelompok tidak mungkin diwujudkan oleh seorang pemimpin seorang diri.

Fungsi pengendalian
Fungsi pengendalian berasumsi bahwa kepemimpinan yang efektif harus mampu mengatur aktifitas anggotanya secara terarah dan dalam koordinasi yang efektif, sehingga memungkinkan tercapainya tujuan bersama secara maksimal. Dalam melaksanakan fungsi pengendalian, pemimpin dapat mewujudkan melalui kegiatan bimbingan, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan.

ini sedikit tulisan terkait Fungsi Kepemimpinan yang tentunya bila kita belajar lebih banyak maka akan lebih banyak lagi pembahasannya di luar sana. Semoga yang sedikit ini bisa melengkapi yang sudah ada.


Referensi
  • http://blog.ub.ac.id/ragilheriniwilujeng/2013/03/08/materi-kuliah-kepemimpinan/ (Diakses pada tanggal 12-05-2019)
  • http://daqoiqul.blogspot.com/2012/05/tugas-dan-fungsi-kepemimpinan.html (Diakses pada tanggal 12-05-2019)

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya