Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Sunday, April 7, 2019

Maksimalkan Fungsi Buah

Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan. (Wikipedia)
Buah memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bahkan para pakar herbal menyatakan bahwa setiap buah memiliki manfaat pengobatan bila dikonsumsi dengan benar.

Bagaimana cara makan buah yang benar ?


kalau kita tinjau dari risalah Islam

Nabi saw selalu makan buah lebih dahulu sebelum makan makanan pokok.
Dalam Al-Qur'an dijelaskan

وَفَاكِهَةٍ مِمَّا يَتَخَيَّرُونَ وَلَحْمِ طَيْرٍ مِمَّا يَشْتَهُونَ

"Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.." [QS. al-Waqi'ah, 20-21]

Di antara ulama ada yang berdalil bahwa Allah menyebut buah dahulu baru daging sebagai dalil anjuran dalam islam, makan buah dahulu baru makanan pokok dan lainnya

Imam Al-Gazali rahimahullah berkata,

ويستحب تقديم الفاكهة إن كانت فذلك أوفق في الطب، فإنها أسرع استحالة فينبغي أن تقع في أسفل المعدة وفي القرآن الكريم تنبيه على تقديم الفاكهة في قوله تعالى: وَفَاكِهَةٍ مِمَّا يَتَخَيَّرُونَ ثم قال: وَلَحْمِ طَيْرٍ مِمَّا يَشْتَهُونَ

"Dianjurkan mendahulukan makan buah jika karena sesuai dengan ilmu kedokteran, yaitu lebih cepat dicerna maka lebih baik buah lebih bawah (dalam perut) daripada hidangan (makanan pokok). Dalam al-Quran ada peringatan untuk mendahulukan makan buah yaitu dalam firman Allah, 'Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan'."

Akan tetapi ada ulama yang tidak setuju dengan pendalilan seperti ini akan tetapi membenarkan bahwa adab makan mendahulukan buah dari makanan utama..

Syaikh Shalih Al-Munajjid hafidzahullah berkata,

يعني أن تقديم الفاكهة قبل الطعام أحسن؛ لأنه أسرع لهضمها، وبعضهم يستند بقوله تعالى: في ضيافة أهل الجنة أو طعام أهل الجنة: وَفَاكِهَةٍ مِمَّا يَتَخَيَّرُونَ * وَلَحْمِ طَيْرٍ مِمَّا يَشْتَهُونَ [الواقعة:20-21] فقدم الفاكهة على الطعام، لكن هذا لا يستلزم أن يكون دليلاً، فمجرد ذكره معطوفاً عليه لا يكون دليلاً على تقديم الفاكهة، ثم إن الوضع في الجنة قد يختلف عن الدنيا.. على أية حال سواء قدموا الفاكهة قبل الأكل أو بعده فالأمر واسع

"Yaitu mendahulukan buah daripada makanan utama lebih baik karena lebih cepat dicerna. Sebagian (ulama) berdalil dengan firman Allah pada jamuan penduduk surga dan mereka mendahulukan buah dari makanan utama, 'Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan'. Akan tetapi ini tidaklah menjadi dalil, semata-mata menyebut sebagai ma'tuf (urutan) tidaklah menjadi dalil untuk mendahulukan buah. Kemudian (yang menjadi alasan juga) keadaan di surga berbeda dengan di dunia, sama saja mendahulukan buah sebelum makan atau makan sesudahnya, maka perkaranya lapang."

Akan tetapi ada dalil yang lainya sebagaimna disebutkan oleh Imam an-Nawawi rahimahullah,

وقد ذكر النووي عند شرح حديث أبي الهيثم بن التيهان لما أتاه النبي صلى الله عليه وسلم وأبو بكر وعمر فجاءهم بعذق فيه بسر وتمر ورطب، فقال: كلوا من هذه، ثم أخذ المدية وانطلق ليذبح لهم. ذكر النووي في شرحه أن فيه دليلا على استحباب تقديم الفاكهة على الخبز واللحم وغيرهما

"Imam an-Nawawi telah menyebutkan ketika menjelaskan hadits Abi al-Haitsam bin Thihan tatkala ia datang kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan ada Abu Bakar dan Umar. Ia membawa wadah yang berisi kurma basah dan kurma kering, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata, 'Makanlah ini (kurma), kemudian mengambil hidangan dan kemudian pergi'. Imam an-Nawawi menjelaskan bahwa hadits ini sebagai dalil dianjurkannya mendahulukan makan buah, baru kemudian roti, daging dan makanan pokok lainnya.."
Bila ditinjau dari kacamata kesehatan
Dalam halaman yang sama dr. Raehanul Bahraen menerangkan,

"Memang benar secara kesehatan dianjurkan untuk makan buah sebelum makan besar, karena lebih memudahkan penyerapan buah dan gizi yang terkandung di dalamnya, dan tidak bersaing dengan penyerapan makanan utama serta bisa juga meningkatkan kadar glukosa darah. Akan tetapi, ini efektif jika memakan buah 30 menit sampai 2 jam sebelum makan, atau 1 jam sampai 2 jam setelah makan..

Jika makan buah dahulu, lalu tidak berselang lama langsung makan besar tanpa jarak waktu minimal 30 menit. Maka ini sama saja dengan memakan buah setelah makan, buah akan bersaing penyerapannya dengan makanan utama. Akan tetapi ada juga yang mengatakan walaupun tidak sampai 30 menit, minimal pencernaan buah akan lebih utama dan lebih maksimal.."

Nah, mari kita maksimalkan manfaat buah bagi tubuh kita dengan cara mengkonsumsi yang benar.

*Sumber rujukan
https://eshaardhie.blogspot.com/2016/08/dalil-anjuran-konsumsi-buah-sebelum-makan-pandangan-syariat-dan-medis.html

Ihya Ulumuddin, http://ww.islamweb.org/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=73195

http://audio.islamweb.net/audio/index.php?page=FullContent&audioid=100533

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya