Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Monday, April 15, 2019

Loading to Ramadhan 1440 H

Tidak terasa kita sudah berada di bulan Sya'ban 1440 H. Ini berarti selangkah lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan 1440 H. 

Sudah siapkah kita ?

Maka pertanyaan ini tentunya harus dipertegas buat diri kita. Karena, sebuah aktifitas tanpa persiapan yang matang sangat susah diharapkan ketuntasannya.
Ketika pertanyaan itu sudah dipertegas, maka pertanyaan lain terkait persiapan Ramadhan akan ikut muncul.


Sudah Siapkan Iman kita ?

Menjelang Ramadhan, ada baiknya kita melakukan warming up dengan melakukan beragam ibadah yang akan melatih kita untuk siap menghadapi bulan suci. Rasulullah pun mengajarkan kita untuk mulai warming up keimanan kita jauh-jauh hari menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Bulan Rajab dan Syaban dianggap sebagai momen terbaik melakukan warming up untuk memanaskan keimanan kita. Sehingga akan lebih siap menghadapi bulan Ramadhan. Warming up dapat dilakukan dengan mulai membiasakan diri melakukan beragam ibadah seperti puasa sunah, tilawah Quran, qiyamul lail pada sepertiga malam, dan ibadah lainnya. Kegiatan warming up ini dilakukan agar ketika bulan Ramadhan datang, kita menjadi lebih terbiasa dan siap menjalankan ibadah. Tapi peningkatan keimanan tidak harus dilakukan menjelang bulan Ramadhan saja ya, kita juga dapat melakukan peningkatan iman di hari-hari sebelum dan sesudah Ramadhan.

Sudah Siapkah Fisik Kita ?

Menjalankan ibadah puasa, hal pertama yang harus diperhatikan adalah fisik. Tentu saja dengan fisik yang sehat dan kuat, ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan akan berjalan dengan lancar. Tanpa persiapan fisik yang baik seperti melakukan olahraga teratur, mengkonsumsi makanan bergizi, hingga mengatur pola hidup bersih dan sehat, kemungkinan kondisi fisik tak akan tampil prima. Sehingga tidak optimal menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Maka mulai dari sekarang persiapkan fisik yang baik guna menyambut Ramadhan melalui kegiatan-kegiatan kecil yang positif.

Sudah Siapkah Ilmu Kita ?

Wawasan dan pengetahuan seputar bulan Ramadhan juga tidak boleh ketinggalan dan dapat dikatakan sebagai hal wajib yang harus kita persiapkan. Menjelang datangnya bulan Ramadhan akan lebih baik, apabila kita mempelajari mengenai syarat dan rukun puasa. Seperti juga hal-hal yang membatalkan puasa, dan pengetahuan-pengetahuan lain terkait bulan Ramadhan, serta keutamaannya. Wawasan dan pengetahuan seputar bulan Ramadhan dapat kita peroleh dari mana saja. Terlebih di era yang semuanya serba digital, semua pengetahuan baru dapat diakses dengan sangat mudah.

Sudah Siapkah Materi kita ?

Materi dari segi finansial tentunya merupakan hal yang sangat penting di bulan Ramadhan. Materi dari segi finansial ini dapat digunakan untuk berzakat dan sedekah. Memperbanyak sedekah dan zakat di bulan ini adalah hal yang sangat tepat. Karena dapat melipatgandakan pahala dibandingkan bulan-bulan lainnya. Dengan persiapan materi finansial yang cukup, kita dapat melakukan beragam kebaikan seperti buka bersama dengan fakir miskin, atau pun berbagi dengan anak yatim piatu.

Sudah Siapkah Program dan Target kita ?

Persiapan program dalam hal ini adalah penyusunan rencana maupun target apa yang ingin dicapai selama bulan Ramadhan. Menyusun rencana dan target sebelum menjalankan ibadah puasa sangat penting dilakukan, agar nantinya ketika bulan puasa datang, kita dapat melakukan hal-hal positif berdasarkan target yang kita inginkan. Rencana dan target yang dipersiapkan misalnya target khatam Al Quran selama bulan puasa, mengadakan acara berbagi bersama dengan anak-anak yatim piatu dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Nah, ayo kita jawab, lalu kita laksanakan.
Supaya siap menjadi Pribadi Sukses Ramadhan.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya