Small Scratch to The World

Saturday, December 11, 2010

Strategi Mempengaruhi Orang Lain

Berikut ini adalah teknik sederhana dalam mempengaruhi orang lain:
Pujilah orang lain
Memuji orang lain adalah cara yang cukup ampuh dalam merebut simpati seseorang. Jika Anda memuji seseorang yang akan Anda pengaruhi, pengaruhnya cukup positif. Pujian seperti, "Penampilan Anda hari ini benar-benar menawan," adalah salah satu contoh pujian yang dapat membangkitkan rasa percaya diri orang lain. Dan jika Anda ingin mempengaruhinya, pujian ini menjadi penting. Secara otomatis, orang yang telah Anda sanjung akan
terseret dalam pengaruh Anda. Inilah cara kerja psikologi bujukan.

Menjadi pendengar yang baik
Mendengarkan adalah senjata dalam melancarkan pengaruh Anda. Jika seseorang bercerita pada Anda mengenai suatu masalah, dengarkan dengan penuh simpati dan perhatian. Jika Anda di mintai nasihat dan pendapat, kemukakan beberapa alternatif. Tapi ingat, jangan terjebak membicarakan diri Anda sendiri. Orang tersebut tidak akan mendengarkan Anda. Jika ingin mempengaruhi orang lain, maka jadilah pendengar yang baik baginya.

Mengkritik secara tepat
Mengkritik bukan sekedar menyampaikan ketidakpuasan. Anda perlu mempelajari cara menyampaikan kritik dengan baik. Diantaranya Anda harus mengetahui waktu, tempat dan bahasa yang tepat. Perhatikan hal ini jika Anda ingin melontarkan kritik. Sebaliknya, Anda pun harus bisa menerima kritik yang ditujukan pada Anda. Jika Anda bisa mengkritik dan menerima kritik, hal ini akan menguntungkan diri Anda. Kondisi ini akan memperluas pengaruh terhadap orang lain.

Singkirkan dendam pribadi
Jika seseorang berbuat salah, janganlah membuang-buang waktu dan tenaga untuk mencoba melakukan balas dendam.Cepat atau lambat, mereka akan menerima akibat dari kesalahan mereka sendiri. Balas dendam menurunkan Andake tingkat yang sama dengan mereka. Maka jangan sekalipun tenggelam dalam rasa ingin membalas dendam.Balas dendam akan membakar emosi Anda.

Nah sudahkah Anda mempraktekkannya? Jika saat ini Andatengah membangun kepercayaan sebagai pemimpin, teknik diatas cukup membantu Anda. Selamat mencoba...!


Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT