Small Scratch to The World

Monday, June 27, 2011

Kecerdasan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial, manusia tidak akan dapat hidup tanpa adanya orang disekitarnya, dan manusia tidak akan hidup dengan baik bila tidak dapat berbuat yang baik kepada orang lain di sekitarnya. Begitulah yang selalu kita dengar mulai dari Sekolah Dasar sampai jadi dasarnya sekolah (orang tua maksudnya he he he). Setelah malang melintang di dunia sosial (lebay.com) barulah kita menyadari betapa ungkapan tersebut benar adanya. Bahkan tidak sekedar benar, tapi nyata dan terbukti. Kebenaran dan kenyataan itu akan dapat dirasakan oleh setiap orang yang dapat berfikir dan dapat membaca keadaan sekelilingnya, apalagi bagi mereka yang memiliki KECERDASAN SOSIAL, mereka tidak cukup hanya sekedar mengetahui dan merasakan, tetapi dapat memahami dan mengatur segala hal yang diperlukan oleh lingkungannya.

Bila kita mengamati karakter setiap orang disekitar kita, akan ditemui berbagai macam dan ragamnya. Ada yang selalu ingin berbuat baik tanpa pernah berfikir apa yang akan dia terima sebagai ganjaran dari kebaikannya. Ada orang yang selalu ingin berbuat baik dan juga selalu ingin mendapat hasil dari yang ia kerjakan. Ada pula orang yang mengharap kebaikan dari orang lain tanpa mengukur kebaikan yang sudah ia keluarkan untuk orang lain. Dan yang parah adalah ketika orang selalu mengharap sesuatu dari orang lain namun dia sendiri tidak pernah memberi yang terbaik untuk orang lain. Ada juga yang paling unik, dia selalu buat sensasi, tetapi ketika terjadi timbal balik dari lingkungannya dia tidak terima dan merasa lingkungan mengusik ketenangannya serta merasa linkungan tidak megerti terhadap dirinya.

Kalau mau ditanya, sebenarnya apa bekal yang kita perlukan dalam mengarungi kehidupan sosial ini.Tidak lain dan tidak buka adalah KECERDASAN SOSIAL, yaitu sebuah kemampuan untuk bisa memahami keadaan lingkungan sosial kita. Dengan demikian kita akan paham setiap timbal balik yang kita terima, dan juga kita akan paham apa yang sedang dibutuhkan lingkungan soial kita.

Dengan demikian tidak akan terjadi kesalahan komunikasi antara kita dengan teman, tetangga, masyarakat dan semua yang ada dilingkungan sekitar kita. Ketika ada gejolak kita akan segera tahu apa penyebabnya, apakah dari diri kita atau bukan. Sehinngga kita terhindar dari sebuah penyakit yang bernama MAKHLUK ANTI KRITIK. wallohu'alam..
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT