Small Scratch to The World

Saturday, July 5, 2014

Perlakuan Kita Menjadi Karakter Mereka

Bagi sebagian orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kadang sering bertanya - tanya. Mengapa anak kami seperti ini dan seperti itu ?
Bagi mereka yang paham akan pendidikan anak tentulah sangat paham akan keadaan itu dan dapat menjawab pertanyaan seperti itu. Namun bagi yang belum membekali diri dengan pemahaman atau belum paham akan hal itu akan selalu mencari - cari penyebabnya atau bahkan siapa yang harus disalahkan.
Kalau kita teliti untuk menelaah lebih dalam, sebenarnya itu adalah hasil kreatifitas kita sendiri sebagai orang tua.
Pernahkah kita sadari bahwa perlakuan yang diterima anak dari kita menjadi sebuah pelajaran besar bagi anak. Bahkan bisa menghasilkan sebuah karakter dasar ketika kita tidak mampu mengimbangi dengan sebuah pemahaman yang dipahami.
Contoh pertama :
Setiap anak salah maka kita pukul atau minimal kita bentak. Nah, coba perhatikan sikap anak dari hari ke hari, terkadang hal yang pernah kita perbuat akan diteruskan ke lingkungannya. Bila tindakan itu tidak terkontrol, maka akan menghasilkan pemahaman dasar bahwa pukul itu benar.
Luar biasa kan ? Hal sederhana menghasilkan sesuatu yang luar biasa.
Contoh kedua :
Setiap anak berbuat baik, kita hadiahkan ucapan terima kasih atau minimal sebuah ciuman manis. Perhatikan selanjutnya, ketika hal ini selalu dan selalu terjadi maka kita akan mendengarkan ucapan terima kasih dari si kecil.
Dari dua contoh tersebut setidaknya menjadi gambaran untuk semua orang tua. Kalau pun tidak semuanya benar, setidaknya ini menjadi pembelajaran bahwa hal tersebut sudah dirasakan oleh sebagian besar orang tua.
Intinya, hati - hati dengan tindakan kita kepada anak, cerdas dan bijaksana dalam bertindak, karena kita adalah panutan mereka. Jangan sampai ada ungkapan untuk mencari siapa yang salah di kemudian hari. Namun cerdas mempersiapkan sejak dini. Wallahu'alam

Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT