Small Scratch to The World

Saturday, February 7, 2015

Public Relation : Metode Komunikasi part. 2

Public Relation atau yang juga dikenal dengan istilah "Hubungan Masyarakat" merupakan bagian dari Metode Komunikasi. Apakah Public Relation itu. Mari kita lihat penjelasan para ahli.

- Menurut W. Emerson Reck, Public Relations Director, Colgate University, bahwa Public Relation adalah kelanjutan dan proses penetapan kebijaksanaan penentuan pelayanan-pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan Goodwill dan mereka. Pelaksanaan kebijaksanaan, pelajaran dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.

- Menurut Howard Bonham, Vice Chairman, American National red Cross menyatakan bahwa Public Relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau sesuatu organisasi/badan.

Sedangkan untuk defenisi Hubungan Masyarakat (Humas) adalah:

- Humas menurut Irving Smith Kogan, Bs: fungsi manajemen yang mengidentifikasi kebijakan-kebij akan dan prosedur-prosedur seseorang atau suatu organisasi denganl atas dasar kepentingan publik dan melaksanakan program kerja guna memperoleh pengertian dan pengakuan! penerimaan dan publik.

- Menurut Sondang P. Siagin menyatakan Humas adalah keseluruhan kegiatan yang di jalankan suatu organisasi terhadap pihak-pihak lain dalarn rangka pembinaan pengertian dan memperoleh dukungan pihak lain itu demi terciptanya tujuan organisasi dengan sebaik-baiknya.

Adapun Fungsi dari Public Relations adalah : Bertrand Retorika Canfield dalam bukunya “Public Relations, Principles and Problems, menyebutkan Public relations mengemban 3 fungsi:
1. Mengabdi kepada kepentingan umum
2. Memelihara komunikasi yang baik
3. menitikberatkan moral dan tingkah laku yang baik.

Sedangkan menurut scott M Cutup and Allen H Center, fungsi Public Relations mengandung 3 unsur: Mempengaruhi pendapat Penyajian yang dapat diterima
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT