Small Scratch to The World

Sunday, February 1, 2015

Jurnalistik : Metode Komunikasi part. 1

Istilah jurnalistik berasal dari bahasa belanda Journalistiek yang berarti "harian" atau "setiap hari". dalam bahasa inggris juga terdapat istilah "journalism" yang bersumber pada perkataan journal yang bersumber pada perkataan "journal", ini merupakan terjemahan dari bahasa latin ini merupakan terjemahan dari bahasa latin "diurna" yang juga memiliki makna yang sama, yaitu "harian" atau "setiap hari".

Dari beberapa pengertian tersebut pada dasarnya jurnalistik adalah suatu pengelolaan laporan harian yang menarik minat khalayak mulai dari peliputannya sampai penyebarannya kepada masyarakat. Pada mulanya jurnalistik berkisar pada hal-hal yang bersifat informatif saja. Ini terbukti pada Acta Diurna sebagai produk jurnalistik pertama pada jaman romawi ketika kaisar Julius Kaisar berkuasa.

Dalam perkembangan selanjutnya, surat kabar sebagai sarana jurnalistik dan dapat mencapai hal yang secara massal itu oleh kaum idealis dipergunakan untuk melakukan kontrol sosial. Sehingga yang tadinya surat kabar merupakan Journal d'information menjadi journal d'opinion, yang menyebarkan pesan pesan untuk mempengaruhi masyarakat.

Kemudian pada masa selanjutnya di mana teknologi maju berkembang pesat yang melahirkan radio dan televisi membuat kegiatan jurnalistik menjadi semakin luas. Kegiatan jurnalistik tidak hanya untuk surat kabar saja, melainkan untuk radio dan televisi juga. (Siti Zaenab, 2004).

Pada akhirnya, jurnalistik terbagi kepada beberapa jenis, yaitu :
1. Jurnalistik cetak (Printed journalism)
2. Jurnalistik elektronik (Electronic Jurnalism)
3. jurnalistik radio (Radio journalism)
4. Jurnalistik televisi (television journalism)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT