Small Scratch to The World

Tuesday, July 1, 2014

Tujuan Komunikasi

Secara umum, tujuan dari komunikasi ada empat, yaitu ; 1) Perubahan sikap (attitude change), 2) Perubahan pendapat (opinion change), 3) Perubahan prilaku (behavior change) dan 4) Perubahan sosial (Sosial change).
Menurut Joseph A. Devito, ada empat tujuan dari komunikasi, yang mana tujuan itu dapat disadari ataupun tidak, dapat dikenali ataupun tidak. Tujuan itu antara lain:

1) Menemukan; salah satu tujuan utama komunikasi adalah menyangkut "penemuan diri" (personal discovery). Bila anda berkomunikasi dengan orang lain, anda belajar mengenal diri sendiri selain juga tentang orang lain. Hal itu terjadi melalui proses "persepsi diri". Selain itu, komunikasi juga memungkinkan untuk "menemukan dunia luar".
2) Untuk Berhubungan; Salah satu motivasi yang paling kuat dalam proses komunikasi adalah untuk berhubungan dengan orang lain (membina dan memelihara hubungan dengan orang lain). Kita menghabiskan banyak waktu dan energi untuk hal ini.
3) Untuk Meyakinkan; Media massa ada sebagian besar bertujuan untuk meyakinkan kita agar mengubah sikap dan prilaku kita. Selain itu, secara pribadi kita juga selalu melakukan persuasi antar pribadi, baik sebagai sumber maupun sebagai penerima. Dalam perjumpaan dengan orang lain, tanpa disadari kita berusaha mengubah sikap dan prilaku orang lain.
4) Untuk Bermain; Tujuan ini diartikan untuk menghibur diri

Itulah beberapa tujuan dari proses komunikasi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa tujuan komunikasi hanya sebatas ini. Karena secara logika, tidak ada tindak komunikasi yang didorong hanya satu faktor saja, atau sebab tunggal, karena setiap tindak komunikasi bisa jadi dihasilkan oleh kombinasi beberapa tujuan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT