Small Scratch to The World

Saturday, February 22, 2014

Manajemen Bahagia

Judulnya memang agak unik, tapi ini secuil pemikiran luar biasa kalau bisa diterapkan. Kita ketahui bersama bahwa manajemen merupakan sebuah keterampilan khusus yang dimiliki seseorang untuk mengatur keadaan dalam proses pencapaian tujuan. Pencapaian setiap tujuan biasanya memiliki muara yang sama, yaitu "kebahagiaan". Namun yang perlu selalu menjadi perhatian adalah, kebahagiaan bukanlah akhir dari sesuatu. Kebahagian tidak lahir dari awal yang tidak membahagiakan. Sehingga, untuk melahirkan sebuah kebahagiaan, kita memerlukan sebuah keahlian yang dapat memunculkan kebahagiaan di semua kegiatan manajemen.

Diawali dengan bagaimana melakukan proses "persiapan" yang membahagiakan. Dalam artian, proses persiapan dilakukan dengan cara yang membahagiakan dan merancang sesuatu yang akan membahagiakan pula nantinya. Kemudan dilanjutkan dengan proses "pengaturan", dimana proses pengaturan tetap memperhatkan pola-pola yang membahagiakan. Kemudian berlanjut pada proses "pelaksanaan", dimana proses pelaksanaan harus tetap menjaga prinsip - prinsip yang membahagiakan dan tetap menjaga apa yang sudah direncanakan. Kemudian pada proses "pengawasan" atau "kontrol" harus dilakukan dengan metode yang membahagiakan. Dan kemudian, proses "evaluasi" juga dilakukan dengan cara yang membahagiakan.
Sehingga, dengan usaha yang kuat tentunya, kita tidak hanya mendapatkan kebahagiaan di dalam sebuah kesuksesan, tetapi sejak awal kta memulai kta sudah mendapatkannya. Apa pun yang akan didapat dari hasil sebuah kegiatan, berhasil ataupun belum berhasil, semuanya "bahagia".
Nah indah sekali bukan ? 
Inilah pemikiran unik yang harus kita coba, sehingga apa pun itu, semua "bahagia", dan juga jangan lupa, Kebahagiaan lahir dari sebuah proses yang membahagiakan. Wallohu 'alam
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT