Small Scratch to The World

Thursday, December 26, 2013

Lembut tapi Tegas

Dalam kehidupan sehari-hari sebagian orang kadang susah membedakan antara ketegasan dan kekerasan, padahal keduanya berbeda. Memang terkadang sebagian orang menggunakan kekerasan untuk menerapkan ketegasan, namun efeknya akan mudah hilang ketika kekerasannya hilang, karena ketegasannya dihasilkan oleh adanya rasa takut, ketika rasa takut hilang maka ketegasannya pun hilang.
Untuk bisa mencipkan sebuah ketegasan yang baik. Maka kita harus awali dengan yang baik, menggunakan proses yang baik, dan dengan itu akan menghasilkan sesuatu yang baik.
Pada intinya, ketegasan adalah sikap yang kuat untuk mempertahankan segala sesuatu di tempat yang sebenarnya dengan berbagai macam cara.
Nabi Muhammad saw adalah orang yang sangat tegas terhadap semua aturan hidup yang telah dibuat Alloh SWT, dan Nabi Muhammad saw juga merupakan orang yang paling lembut kepada ummatnya. Pola ini harus kita teladani, bagaimana memadukan antara ketegasan dengan kelembutan, dan belajar untuk meninggalkan keterpaduan antara  ketegasan dan kekerasan. Penerapannya cukup sederhana, kita ingat pola awalnya adalah "sikap kuat untuk mempertahankan segala sesuatu pada tempat yang benar", jalankan itu dengan tanpa kekerasan, baik kekerasan fisik maupun kekerasan verbal. Berikan pelayanan terbaik kepada setiap kebaikan, namun jangan pernah kompromi kepada suatu kejelekan sekalipun kecil dan sangat kecil.
Selamat mencoba. Semoga sukses
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT