Small Scratch to The World

Saturday, March 2, 2013

Tingkatan Kwalitas Amal

Katakanlah, "Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Alloh, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Alloh)
{QS Al-An'am (6) ayat 162-163}

Dalam melakukan usaha untuk mencapai derajat keikhlasan, manusia memiliki tingkatan kwalitas amal, antara lain;

Pertama adalah amal budak, yaitu mereka yang beramal karena takut kepada Alloh SWT. Motivasi awalnya adalah ketakutan kepada Alloh. Dikarenakan motivasi awalnya adalah ketakutan, maka akan sulit untuk mencapai kenikmatan beramal dan merasakan manisnya kecintaan kepada Alloh SWT. Yang ada adalah ketakutan dan ketidak tenangan hati jika mereka tidak melakukan amal tersebut.

Kedua adalah amal saudagar. KIta ketahui, saudagar adalah kelompok yang selalu mencari laba dan keuntungan, sehingga ini menjadi perumpamaan orang yang bekerja dengan selalu berharap akan pahala dan surga. Tidak salah memang, namun karena kesibukan akan dalam melakukan kalkulasi, sehingga akan sulit untuk menikmati amal itu sendiri.

Ketiga adalah, amal manusia bebas. Kelompok ini beramal untuk membuktikan syukur kepada Alloh SWT. Amal yang seperti ini akan menimbulkan rasa bahwa berbuat baik adalah sebuah kebutuhan primer, sehingga tanpa amal akan terasa seperti orang yang mau mati. dan sudah pasti apabila amal itu terpenuhi, maka akan seperti mendapatkan kehidupan kembali. Sungguh indah tingkat yang ketiga ini. Nah sekarang tinggalkita menempatkan diri kita pada tingkatan yang mana. Wallohu'alam
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT