Small Scratch to The World

Tuesday, March 12, 2013

Dasyatnya Tidur Pagi

RosullulLOh saw bersabda ”Ya Allah, berkahilah bagi ummatku pada pagi harinya” (HR. Abu dawud 3/517, Ibnu Majah 2/752, Ath-Thayalisi halaman 175, dan Ibnu Hibban 7/122 dengan sanad shahih).

Ibnul-Qayyim telah berkata tentang keutamaan awal hari dan makruhnya menyia-nyiakan waktu dengan tidur, dimana beliau berkata : “Termasuk hal yang makruh bagi mereka – yaitu orang shalih – adalah tidur antara shalat shubuh dengan terbitnya matahari, karena waktu itu adalah waktu yang sangat berharga sekali. Terdapat kebiasaan yang menarik dan agung sekali mengenai pemanfaatan waktu tersebut dari orang-orang shalih, sampai-sampai walaupun mereka berjalan sepanjang malam mereka tidak toleransi untuk istirahat pada waktu tersebut hingga matahari terbit. Karena ia adalah awal hari dan sekaligus sebagai kuncinya. Ia merupakan waktu turunnya rizki, adanya pembagian, turunnya keberkahan, dan darinya hari itu bergulir dan mengembalikan segala kejadian hari itu atas kejadian saat yang mahal tersebut. Maka seyogyanya tidurnya pada saat seperti itu seperti tidurnya orang yang terpaksa” (Madaarijus-Saalikiin 1/459)

Sahabat netter sekalian, siapa sich yang tidak tahu tidur pagi ? bahkan mungkin sebagian besar dari kita sering melakukannya. Padahal itu tidak baik lho. Bagi ane ada beberapa dampak yang langsung bisa rasakan apabila kita melakukan perbuatan yang satu ini. Salah satunya yang paling terasa adalah "Membuat malas dan lemah seharian". Ini yang ane rasakan, entah kalau yang lainnya. Sangat berbeda rasanya, hari yang diawali tidur di paginya dengan yang tidak. Seakan-akan seharian terasa hampa, pasif dan susah untuk kretif, seperti ada sesuatu yang terlewatkan yang entah itu apa. Sehingga terasa uring-ringan dalam seharian. Wallohu'alam
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT