Small Scratch to The World

Saturday, July 2, 2011

Semua Tentang Seluler

Berbagai macam istilah yang akan kita temui ketika kita menggunakan berbagai alam di zaman sekarang ini, salah satunya adalah alat-alat seluler (tanpa kabel), antara lain;

Apa itu GSM?
GSM adalah sebuah sistem telekomunikasi terbuka, tidak ada pemilikan (non-proprietary) yang berkembang secara pesat dan konstan. Keunggulan utamanya adalah kemampuannya untuk internasinal roaming. Ini memberikan sebuah sistem yang standart tanpa batasan hubungan pada lebih dari 159 negara. Dengan GSM satelit roaming, pelayanan juga dapat mencapai daerah2 yang terpencil.

Apa perbedaan dasar teknologi ini?
GSM adalah sebuah sistem yang berbeda dengan generasi pertama dalam sistem wireless, karena GSM memakai teknologi digital dan metode transmisi time division multiple access. Voice atau suara diencod secara digital melalui sebuah encoder unik, yang mana mengemulasi karakteristik dari pembicaraan manusia. Metode transmisi ini membuat rasio data/informasi sangat efisien.

Bagaimana GSM akan berkembang?
Pelayanan High bandwidth telah ada pada teknologi saat ini yaitu yang biasa disebut 2G technologies.Selain GSM 900 juga ada GSM 1800 dan GSM 1900. Jalur pengembangan ke teknologi 3G sudah sangat jelas yaitu membawa kemungkinan2 penggunaan data dan multimedia secara canggih.Standart GSM akan terus berkembang dengan sistem wireless, satellite dan cordless yang menawarkan jasa pelayanan yang lebih banyak, seperti kecepatan tinggi dalam transmisi , jasa transmisi data multimedia dan integrasi dengan internet.

Apa itu 3G?
3G atau third generation adalah istilah yang digunakan untuk sistem komunikasi mobile generasi selanjutnya. Sistem ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik dari apa yang ada sekarang, yaitu pelayanan suara,text dan data.Untuk keterangan lebih lanjut dapat dilihat di 3G atau third generation pada situs ini.
GPRS (General Packet Radio Services)

Teknologi transmisi data GSM berupa GPRS(General Packet Radio Services) adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk pelayanan data wireless seperti pada wireless internet atau intranet serta pelayanan multimedia.

"Alat komunikasi dengan GSM GPRS mempunyai fasilitas pertukaran data sampai dengan kecepatan 170kbps "
Juga biasanya disebut sebagai GSM-IP(internet Protocol), karena akan menghubungkan pengguna dengan ISP (Internet Service Provider).

Salah satu keuntungan dari teknologi baru ini adalah, pengguna akan selalu terhubung atau connected. Selalu online, tetapi akan dikenai biaya hanya dari besarnya data yang ditransmisi. Dengan teknologi ini panggilan secara voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data. Tetapi ini tergantung dari jenis hp yang digunakan.

Banyak pembuat hp telah menggunakan teknologi ini pada hpnya. Seperti Erricson, Nokia, Siemens, Sagem, Alcatel, Samsung, Motorola dan sebagainya.

GPRS merupakan suatu tambahan pelayanan baru pada network yang telah ada. Dengan GPRS , para operator network GSM dapat memberikan pelayanan kompetitif untuk pertukaran data, sehingga melengkapi jasa pelayanan yang mereka berikan.
Teknologi ini sedang berkembang, dan tentu saja seperti teknologi pada dunia wireless lainnya, teknologi ini akan berkembang sangat cepat. Seperti GPRS roaming yang merupakan kebutuhan dasar untuk terwujudnya global mobile internet bagi pelanggan GPRS pada berbagai operator GPRS network pada masa yang akan datang. Ini diterapkan pada GRX, yang merupakan suatu IP routing network tersentralisasi untuk interkoneksi antar GPRS network. Sistem GRX yang berdasarkan GPRS roaming telah berhasil dilakukan antara Sistem roaming Sonera dengan network dari Nokia.
Tentu saja banyak perusahaan besar lainnya terus mengembangkan sistem ini, yang pada akhirnya mudah2an dapat menguntungkan konsumen.
Fitur-fitur/features penting di GPRS
General Packet Radio Service (GPRS) adalah sebuah jasa pelayanan tambah berupa nonvoice yang memungkinkan informasi dapat dikirim dan diterima pada sebuah mobile telephone network. Sistem ini menambahkan fasilitas baru dari apa yang ada sekarang yaitu Circuit Switched Data and Short Message Service. GPRS tidak ada hubungannya dengan GPS (the Global Positioning System). Beberapa features unik GPRS adalah sebagai berikut :
KECEPATAN
Secara teoritis kecepatan maksimum sistem ini 171.2 kilobytes per second (kbps). Ini adalah adalah 3 kali lebih cepat dari transmisi data dari sistem network telekomunikasi fixed yang ada dan 10 kali lebih cepat dari Circuit Switched Data pada sistem network telekomunikasi wireless GSM saat ini.Dengan kecepatan pengiriman data, maka sistem ini tentu saja akan memberikan pelayanan yang lebih murah dibanding dengan SMS atau Circuit Switched Data.
SELALU TERSEDIA
GPRS adalah sebuah sistem yang terhubung terus, dimana informasi dapat segera dikirim atau diterima saat diperlukan. Tidak perlu adanya dial-up modem. Karena itu seperti telah diterangkan diatas sebelumnya, GPRS adalah sebuah sistem yang "always connected".
APLIKASI BARU YANG LEBIH BAIK
GPRS memberikan fasilitas baru untuk beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak ada pada network GSM, karena adanya keterbatasan pada kecepatan di Circuit Switched Data (9.6 kbps) dan panjang message/berita pada Short Message Service (160 characters). GPRS akan dapat secara penuh mengaplikasi internet seperti yang biasa kita dapatkan di desktop komputer, dari web browsing sampai dengan chat. Selain itu GPRS akan memberikan kemudahan transfer file, dan home automation yaitu dengan dapatnya kita mengontrol alat2 dirumah kita secara remote dari daerah diluar rumah kita sendiri.
MENGGUNAKAN GPRS
Untuk dapat menggunakan GPRS, diperlukan beberapa hal yaitu:
• Hp atau terminal dengan sistem GPRS (banyak telepon baru yang telah menyediakan sistem ini)
• Mendaftar pada operator network dengan sistem GPRS
• Penggunaan GPRS harus telah diizinkan oleh operator network bersangkutan.
• Pengetahuan tentang bagaimana mengirim dan menerima informasi GPRS dengan hp yang dimiliki.
• Sebuah tujuan untuk mengirim atau menerima informasi melalui GPRS. Kalau pada SMS biasanya tujuan ini adalah hp orang lain, maka pada GPRS kemungkinan tujuan yang paling banyak adalah alamat pada internet, karena GPRS didisain agar internet dapat digunakan oleh pemegang hp.
BLUETOOTH

"Bluetooth" adalah sebuah standart baru yang diluncurkan oleh The Bluetooth SIG (Special Interest Group) pada bulan Mei 1998. The Bluetooth SIG ini terbentuk dari lima perusahaan besar.

Standart baru dalam wireless networking yang mereka luncurkan pada dasarnya adalah menggunakan hubungan radio jarak dekat atau short-range radio link untuk pertukaran informasi, sehingga hubungan antar hp, mobile PC, PDA, dan lainnya dapat dilakukan tanpa gangguan kabel atau wireless.

Tujuan dari peluncuran bluetooth ini adalah untuk mengganti spesifikasi IrDA dari InfraRed pada hp dan peralatan mobile lainnya.


Ericsson memberikan sumbangan mereka pada teknologi radio,Toshiba dan IBM mengembangkan spesifikasi untuk mengintegrasi teknologi "Bluetooth" kedalam peralatan mobile.Intel menyumbangkan keahlian mereka dalam chip dan software sedangkan Nokia menyumbangkan keahlian mereka dalam teknologi radio dan mobile handset software.
Banyak perusahaan lain juga diundang untuk mendukung teknologi intinya sehingga diharapkan teknologi ini dapat dipakai dalam banyak peralatan.
Radio ini akan beroperasi pada 2.45 GHz ISM 'free band', yang memungkinkan pengguna internasional dengan peralatan yang dilengkapi dengan"Bluetooth" dapat menggunakan peralatan mereka dimana saja diseluh dunia.
Sistem Bluetooth:
• Beroperasi pada 2.4 GHz Industrial-Scientific-Medical (ISM) band.
• Rangenya antara 10m s/d 100m
• Menggunakan Frequence Hop (FH) spread spectrum, yang membagi frequency band ke beberapa hop channels.
• Dalam sebuah koneksi, radio transceivers hop dari satu channel ke channel lainnya
• Mendukung sampai dengan 8 peralatan dalam suatu piconet (dua atau lebih unit Bluetooth dalam channel bersamaan).
• Keamanan built in..
• Omni-directional.
• Isochronous and asynchronous , integrasi mudah dengan TCP/IP bagi networking.
3G - Third Generation
Masa Depan Komunikasi Wireless
Berbicara 'face to face' pada hp kita, masuk dalam jaringan atau network kantor kita, surfing di internet, memesan dan membayar barang yang kita mau, melihat nilai saham atau kurs rupiah, melihat cuaca dimanapun didunia, atau menemukan bioskop terdekat dengan film yang kita inginkan dari lokasi kita berada, adalah beberapa dari kemungkinan2 yang akan dapat digunakan secara wireless dengan hp kita pada masa yang akan datang. Beberapa kemungkinan tersebut bahkan saat ini telah dapat terealisasi.

Kemungkinan2 yang akan sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari ini, akan dapat terealisir seluruhnya, dengan generasi sistem telekomunikasi yang akan datang atau biasa disebut sebagai 3rd Generation of wireless communications. Dimana pengembangan dari sistem tersebut sedang dalam perjalanannya.Dan akan datang tidak lama lagi.
Jasa pelayanan apa saja yang akan dapat diberikan oleh sistem 3rd Generation?
Jasa pelayanan Video , akses ke multimedia dan mobile Internet kecepatan tinggi, adalah beberapa kemungkinan yang akan didapat oleh konsumen pada masa yang akan datang. Sistem 3rd Generation akan memperbesar kemungkinan2 pada sistem komunikasi dan informasi.
Keuntungan utama adalah sistem ini akan menawarkan pelayanan dengan kapabilitas high-end, yang mana termasuk peningkatan kapasitas, kualitas dan data rate dari apa yang ada sekarang. Juga akan dapat melakukan pemakaian serentak dari beberapa jasa pelayanan.
Sistem 3rd Generation juga akan menjembatani celah yang ada antara dunia wireless dan dunia computer/internet.
Apakah sistem 3rd Generation akan mendunia?
Kemungkinan besar yang ada adalah akan ada 3 tipe teknologi pada 3rd Generation ini. Ketiga sistem ini sedang diharmonisasi agar ketiganya kompatibel, dapat bekerja sama dan dapat menerima bermacam macam hp. Itegrasi dari sistem2 ini akan membuat roaming seluruh dunia.
SMS

1. Apa itu SMS?
Dengan Short Message Service (SMS), pengguna hp GSM dapat mengirim dan menerima berita/message singkat (biasanya sampai dengan 160 karakter). Text dapat berupa kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. SMS diciptakan sebagai bagian dari standart GSM Phase 1.Short message pertama yang dikirimkan adalah pada bulan Desember 1992 dari sebuah Personal Computer (PC) ke sebuah hp pada network Vodafone GSM di Inggris. Kalau short message ini dilakukan dengan huruf latin maka 160 karakter yang dapat dikirim, apabila non-latin seperti huruf Arab atau Cina jumlah karakter adalah 70.

2. Bagaimana cara kerjanya?
Seleruh operator GSM network mempunyai Message Centre, yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian atau manejemen dari berita2 yang ada.Bila seseorang mengirim berita kepada orang lain dengan hpnya, maka berita ini harus melewati Message Cenre dari operator network tersebut, dan MC ini dengan segera dapat menemukan sipenerima berita tersebut. MC ini menambah berita tersebut dengan tanggal, waktu dan nomor dari si pengirim berita dan mengirim berita tersebut kepada si penerima berita. Apabila hp penerima sedang tidak aktif, maka MC akan menyimpan berita tersebut dan akan segera mengirimnya apabila hp penerima terhubung dengan network atau aktif.
3. Apa itu SMS-MT, SMS-MO and SMS-CB ?
Bila hp mempunyai fasilitas SMS-MT ini berarti bahwa hp tersebut dapat menerima berita singkat.
Bila hp mempunyai fasilitas SMS-MO ini berarti bahwa hp tersebut dapat mengirim berita singkat.
Bila hp mempunyai fasilitas SMS-CB ini berarti bahwa hp tersebut dapat menerima berita singkat dari operator network (Cell Broadcasting).
4. Apa semua hp mempunyai fasilitas SMS ?
Semua hp mempunyai fasilitas untuk menerima berita atau SMS (SMS-MT).
Tetapi hp2 model lama ada yang tidak mempunyai fasilitas mengirim berita (SMS-MO).
Biasanya seluruh hp baru mempunyai fasilitas mengirim dan menerima SMS.
5. Apa yang perlu dilakukan untuk dapat menerima SMS ?
Tidak ada yang perlu dilakukan. Sesaat setelah anda menerima telepon maka anda dapat segera membaca SMS tersebut dilayar hp anda.
6. Apa yang perlu dilakukan untuk dapat mengirim SMS ?
Sebelum anda mengirim SMS untuk pertama kalinya, anda harus memasukkan nomor Message Centre dari operator atau network yang anda gunakan. Nomor ini dimasukkan hanya sekali dan akan otomatis di save oleh hp anda. Biasanya nomor ini sudah ada pada SIM card. Apabila tidak ada maka anda dapat melihat nomor MC anda disini atau anda dapat menghubungi operator anda
9.Mengapa memakai SMS ?
Dengan SMS anda dapat selain mengirim berita, juga dapat mengirim informasi pribadi penting (nomor rekening,telepon, dsb)ke orang lain,dengan relatif aman. Sehingga sipenerima dapat menyimpan berita atau info itu di hpnya, dan dapat melihatnya kembali bila diperlukan. Selain itu tentu saja SMS meringankan biaya kita, apabila tidak perlu sekali berbicara secara lisan.
10.Bagaimana dengan keamanan dari SMS ?
Walaupun sampai saat ini SMS masih dapat dikatan relatif aman, tapi tentu saja sebagai sebuah produk yang diciptakan oleh manusia, ia tentu mempunyai lubang2 dalam sistem keamanannya. Tapi untuk keperluan se-hari2, yang tidak terlalu memerlukan keamanan, SMS masih dapat dikatakan aman.
11.Dapatkah kita mengirim email dengan SMS ?
Ya kita dapat mengirim email dengan fasilitas SMS.Beberapa operator telah memberikan pelayanan tersebut. Anda juga dapat menggunakan fasilitas tersebut dari sini.
Generasi Wireless
The First Generation Mobile Communication in The 1980s
Mobile phone pertama hadir pada awal 1980, dan Swedia, Norwegia, Denmark dan Finlandia masing-masing sebagai pemain utama dari mobile network.
Generasi pertama jaringan cellular menggunakan teknologi cellular analog untuk user connection (disebut "air interface"). Setiap kanal suara mempunyai lebar frekuensi yang sempit, menggunakan teknologi yang disebut Frquency Division Multiple Access (FDMA).
Ini sangat sukses, dan dipertengahan 1990 diperkirakan 43 juta pelanggan di dunia menggunakan jaringan mobile analog.
Namum demikian, demand dari mobile phone semakin tumbuh dengan pesat, sehingga penggunaan radio spektrum diperkirakan tidak akan mencukupi lagi.
The Second Generation Mobile Communication in The 1990s
Jawabanya adalah penggunaan teknologi digital yang baru, dengan teknologi ini jumlah pengguna mobile phone yang banyak dapat disupport dengan alokasi frekuensi dengan menggunakan teknologi yang berbeda yang disebut Time Division Multiple Access (TDMA), kanal frekuensi yang lebar dibagi dalam intermittent time-slot. Artinya beberapa call dibagi dalam beberapa kanal frekuensi dalam waktu yang sama.
Teknologi digital juga mempunyai keuntungan penting lainnya. Memberikan kualitas suara yang lebih bagus dan memperbaiki keamanan dari jamming. Bahkan untuk kepentingan masa yang akan datang, teknologi wireless digital meletakkan landasan untuk value added service yang akan secara kontinyu dikembangkan.
Digital Mobile Service yang pertama hadir pada awal 1990 yaitu GSM (Global System for Mobile Communications) di Eropa. Tidak hanya menyediakan teknologi wireless digital, tetapi juga menyediakan dasar International Roaming. Pengguna GSM dapat menerima dan melakukan panggilan dalam perjalanan dari satu negara ke negara yang lain.
Diperkirakan ada kurang lebih 250 sistem GSM yang beroperasi di 105 negara/area.
Standar GSM tidak sendirian. Di North Amerika, standar digital yang berbeda dikembangkan. Disebut IS-136 D-AMPS. Di Jepang, standar digital di sebut PDC.
Jadi ada tiga standar digital yang tidak kompatible. Sebagai contoh, pengguna GSM tidak dapat digunakan di jaringan D-AMPS. Meskipun tiga standar itu menggunakan teknologi yang sama yaitu Time Division Multiple Access (TDMA).
The Third-Generation Mobile Communication into The Next Millenium
Pengembangan yang significant mobile communication akan membuka pintu untuk new multimedia services.
Di fixed telephone network, data traffic (termasuk penggunaan internet) tumbuh lebih cepat dibandingkan voice traffic. Dan para pakar industri percaya trend ini juga akan terjadi pada wireless communication. Diharapkan orang akan membutuhkan untuk mengirim dan menerima wireless data, terutama di lingkungan bisnis.
Gaya bekerja akan berubah, dan orang lebih suka bekerja di luar kantor, akses wireless ke ke corporate computer network menjadi sangat penting. Bandwidth wireless yang lebar juga memungkinkan mobile terminal digunakan untuk aplikasi sperti high-quality videoconference dan mentransmisikan gambar-gambar dengan resolosi tinggi.
Bandwidth air interface, bagaimanpun juga merupakan faktor penting yang dapat membatasi isi dari informasi yang dapat ditransmisikan antara wireless terminal dan network.
Mobile phone generasi pertama dan kedua diperuntukan untuk mensupport komunikasi suara, meskipun sekarang sudah memungkinkan digunakan untuk transfer data dengan kecepatan rendah seperti mengirim dan menerima fax dan email. Kecepatan transmisi data sekitar 10 kbps.
Ada dua cara untuk memperbaiki kapabilitas dari wireless communication, yang pertama meningkatkan kemampuan bandwidth dari digital network (GSM, D-AMPS dan PDC). Pengembangan sudah hampir tercapai. Teknologi baru yang disebut EDGE (Evolved Date Rates for GSM Evolution) sedang dikembangkan untuk GSM dan D-AMPS, untuk meningkatkan kecepatan data sampai 384 kbps.
Pendekatan yang kedua adalah memperbaiki system dengan teknologi radio generasi terbaru (teknologi radio generasi ketiga).
Kapabilitas yang diharapkan dari teknologi generasi ketiga adalah :
• Kualitas suara yang lebih bagus.
• Keamanan yang terjamin.
• Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access.
• Support beberapa koneksi secara simultan, sebagai contoh, pengguna dapat browse internet bersamaan dengan melalukan call (telepon) ke tujuan yang berbeda.
• Infrastruktur bersama dapat mensupport banyak operator dilokasi yang sama.
• Interkoneksi ke other mobile dan fixed users.
• Roaming nasional dan internasional.
• Bisa menangani packet-and circuit-switched service termasuk internet (IP) dan videoconferencing. Juga high data rate communication services dan asymetric data transmission.
• Efiensi spektrum yang bagus, sehingga dapat menggunakan secara maksimum bandwidth yang terbatas.
• Support untuk multiple cell layer.
• Co-existance and interconnection dengan satellite-based services.
• Mekanisme billing yang baru tergantung dari volume data, kualitas service dan waktu.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT