Small Scratch to The World

Thursday, June 23, 2011

Apakah Psikologi Itu ?

Sejak awal saya mengenal disiplin ilmu yang satu ini, saya jadi tertarik untuk memperhatiakannya lebih serius. Bahkan tidak tanggung-tanggung saya sisipkan aroma psikologi ini dalam dalam Skripsi saya yang memiliki latar belakang komunikasi, sehingga terkesan menjadi olahan komunikasi dengan bumbu psikologi (so' tau hehe). Kalau kita bertanya tentang apakah psikologi itu, akan muncul jawaban yang beragam dari berbagai pakar yang Subhanalloh jeniusnya. Bahkan para pakar Islam juga sudah menelorkan Psikologi Islam yang mencoba menawarkan Psikologi dari konsep Islam. Sehingga semakin bertambah beragamnya jawaban akan Psikologi ini.

Coba saja kita tengok Carole Wade dan Carol Tavris dalam buku mereka Psycology 9th Edition. Kata mereka, bila kita mencoba mencari jawaban tentang Psikologi dengan melihat-lihat buku yang bertebaran ditoko buku, kita akan menjumpai berbagai macam tawaran jawaban yang antara lain;
-> Psikologi membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya menemukan kebahagiaan. Psikologi akan memberitahu anda "Mengapa hidup anda tidak menyenangkan dan apa yang dapat anda lakukan dengan hidup anda, selama anda membaca, saya tidak arus membuat segalanya lebih baik. Bahkan seandainya jika anda merasakan bahwa tidak ada cara apapun untuk memperbaiki hidup anda, anda mungkin dapat terhibur dengan kenikmatan akan stres, kenikmatan akan kegagalan dan bahagia, apapun yang terjadi. Atau anda akan memasuki pusat kebahagiaan di otak anda dengan menggukan metode jiwa bebas".
-> Psikologi akan memperkaya dan membuat anda sukses jika anda membaca langkah kecil untuk mencapai sukses, langkah besar, atau bagaimana cara mencapai sukses dalam hidup anda. Anda dapat belajar tentang bagaimana membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dan juga bagaimana caranya mendapatkan apa yang seharusnnya menjadi milik anda.
-> Psikologi akan membantu anda jatuk cinta,tetap jatuh cinta, dam melupakan orang yang anda cintai. Cinta adalah jawabannya, namun hanya jika anda lebih dulu mencintai diri anda sendiri dan tidak mengembangkan cinta obsesif. Anda dapt belajar mengenai bagaimana semua orang mencintai anda selama anda jangan katakan iya ketika anda ingin berkata tidak. Begitu anda sudah saling mencintai, tuntunya anda butuh seni bercinta, dan seni menjaga hubungan. Dan jika hubungan anda dihadapkan pada masalah, anda mungkin akan mencari penyelamat hubungan asmara.
-> Jika anda menyukai hal-hal yang ingin anda ketahui dipaparkan dalam daftar yang mudah diikuti, anda sangat beruntung. Anda dapat menjalani hidup yang anda sukai dalam sepuluh langkah mudah, menemukan sepuluh rahasia mencapai sukses dan kedamaian hati, mencoba obat kecemasan; program yang membuat anda lebih baik dalam delapan langkah, memeditasikan enam pilar kepercayaan diri, dan menjalani delapan cara mudah untuk menyelesaikan masalah.
-> Dalam Psikologi Islam dikatakan bahwa manusia bukan hanya terstruktur dari jasmani; tapi juga ruhani. Sinergi keduanya inilah yang membentuk nafsani. Dari ketiga sistem inilah terbentuk kepribadian individu manusia.

Nah itu yang akan kita jumpai dari berbagai macam buku yang kita temui, namun secara umum Psikologi dapat didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental dan bagaimana prilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme, dan linkungan eksternal. Inilah beberapa hal tentang psikologi yang terbaca dalam buku-buku yang kita baca, semoga bermanfaat.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT