Small Scratch to The World

Friday, December 24, 2010

Definisi Kepemimpinan

Mungkin kata ini sering terucap dan terdengar, tapi apakah kita tahu maksudnya. Kalau berbicara tentang kepemimpinan ternyata tidak ada definisi baku yang menjadi standar definisi yang dapat dijadikan rujukan. Sehingga kita perlu membaca berbagai ulasan dari beberapa ahli yang sebenarnya arah dan orientasinya tidak jauh berbeda, yaitu dasar bakat, sifat, prilaku, pengaruh terhadap orang lain, pola interaksi, peran, jabatan, posisi dan persepsi orang lain mengenai keabsahan kepemimpinan itu sendiri. Adapun beberapa definisi dari para ahli antara lain;

1. Kepemimpinan adalah prilaku seorang individu ketika ia mengarahkan aktivitas sebuah kelompok menuju suatu tujuan bersama (Hemphill & Coons, 1957: 7)
2. kepemimpinan adalah salah satu jenis hubungan kekuasaan yang ditandai oleh persepsi anggota bahwa anggota kelompok yang lain mempunyai hak untuk merumuskan pola perilaku dari anggota yang pertama dalam hubungannya dengan kegiatannya sebagai anggota kelompok. (Janda, 1960: 358)
3. kepemimpinan adalah pengaruh antar peribadi yang dilaksanakan dan diarahkan melalui proses komunikasi, ke arah pencapaian tujuan-tujuan tertentu. (Tannenbaum, Weschler & Massarik, 1961: 24)
4. kepemimpinan adalah interaksi antar manusia dimana salah satunya menyajikan satu jenis informasi tertentu sedmikian rupa, sehingga yang lain yakin bahwa hasilnya akan lebih baik jika dia berperilaku sesuai dengan cara-cara yang dianjurkan atau diharapkan. (Jacobs, 1970: 232)
5. kepemimpinan adalah pengawaan dan pemeliharaan suatu struktur dalam harapan dan interaksi. (Stogdill, 1974: 411)
6. kepemimpinan adalah tambahan pengaruh yang lebih tinggi dan diatas mekanisme pencapaian dengan arahan rutin dari organisasi. (Katz & Kahn, 1978: 528)
7. kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas sebuah kelompok yang terorganisasi menuju pencapaian suatu tujuan. (Roach & Behing, 1984: 46)

Dari berbagai uraian di atas dapat kita tarik definisi sementara bahwa Kepemimpinan adalah suatu proses, perilaku atau hubungan yang menyebabkan suatu kelompok dapat bertindak secara bersama-sama atau secara bekerja sama atau sesuai dengan aturan atau sesuai dengan tujuan bersama. Sedangkan yang dinamakan Pemimpin adalah orang yang melaksanakan proses, perilaku dan hubungan tersebut.

Oleh : Muhammad Muttaqin
Sumber : Sarlito Wirawan Sarwono, Psikologi Sosial, 2005, Jakarta, Balai Pustaka.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT