Assalamu'alaikum ... Selamat Datang ... Semoga Blog Ini Bisa Memberi Manfaat ... Jangan Bosan Untuk Kembali lagi ^_^

Saturday, November 13, 2010

Setting GPRS Three (3)


Beberapa waktu lalu, ada keinginan untuk coba-coba keampuhan internet menggunakan koneksi GPRS. Akhirnya ane putuskan untuk beli modem, kebetulan dapat modem 3G. Lumayanlah, hitung-hitung dan dengar-dengar sich jAringan GPRS adalah jaringan dengan akses data tercepat saat ini. Mulailah ane adakan observasi ke beberapa operator seluler.

Dimuai dari "si merah" telkomsel, ternyata eh ternyata sinyal 3G telkomsel jatuh-bangun di daerah ane, dan sinyal GPRSnya tidak menggembirakan untuk koneksi ke komputer, ma'lumlah daerah pinggiran (pinggiran kota Palangkaraya), jadi dapet sinyal afkiran hehehe...
Lanjut ke "si biru" XL, walau belum ada sinyal 3G tapi GPRSnya lumayan kenceng, cuma pulsanya sama kenceng dengan sinyalnya. Bisa-bisa bangkut duluan neh kalau diteruskan wkwkwkwk...
Lanjut lagi ke "si hijau" Indosat. Sayangnya antara sinyal dan biaya tidak ada yang menggembirakan walaupun iklannya menggiurkan (korban iklan juga kayanya ... hehehe...)
terus waktu lagi nonton TV ada iklan three (3) yang katanya internetnya super murah. Wah kaya'nya bisa dijadikan objek observasi berikutnya neh. Akhirnya keliling-keliling nyari simCard three (3) tidak berhasil dapat karena memang operator pendatang baru (di daerah ane) walaupun spanduknya dah bertengger dimana-mana. Kaya'nya memang harus sabar nunggu. Setelah dua minggu ane coba nyari lagi, alhamdulillah dapat. langsung bongkar :D, setelah registrasi langsung ane isi pulsa untuk jaga-jaga. Akhirnya ane putusin untuk pilih paket unlimited 25.000/bulan dengan 500MB kuota yang tersedia, lumayanlah.
Pertama registrasi dulu ke *234# atau kirim sms dengan format "MAU 500MB" (tanpa tanda petik) ke 234. setelah dapat balasan keaktifan, semua format profil harus diubah dengan rincian:

Username : 3data
Password : 3data
APN : 3data

yang mana sebelumnya ane pakai:

Username : 3gprs
Password : 3gprs
APN : 3gprs

setelah selesai, sekarang waktunya konek. jreeng... wah lumayan cepat, rata-rata kecepatan lalulintas data adalah 6,50kb/s, lumayanlah ketimbang yang lain hanya mencapai 1,00kb/s, (wah sempat tidur tuh untuk nunggu tampil satu halaman hehehe..).
entah karena memang cepat (jaringan EDGE) atau karena memang masih minim yang pakai, Jadi kaya melaju dijalan tol yang sepi. Bagi teman-teman yang pengen nyoba, selamat mencoba ya :) :) :)

No comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya