Small Scratch to The World

Wednesday, January 13, 2010

Ilmu Tidak Bermanfaat dan Tidak Barokah, Mengapa ???


Dalam ajaran agama, menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Agama sangat menginginkan setiap ummat untuk menjadi umat yang berkualitas, yang nantinya akan berefek pada pengamalan ibadah yang sempurna dan lahirnya makhluk-makhluk yang mulia. Tetapi, ada sebagian dari kita memiliki tingkat pendidikan yang tinggi namun cermim sebagai makhluk mulia dan berkualitas belum bisa terealisasi. Apa mungkin kita terjangkit virus ILMU TIDAK BERMANFAAT DAN TIDAK BAROKAH ?, MENGAPA bisa terjadi ?

Sekarang kita perlu adakan evaluasi, apakah ada hal-hal tertentu yang kita perbuat yang dapat menyebabkan ilmu yang kita cari selama ini tidak memberikan manfaat dan tidak melimpahkan barokah kepada kita. Sekarang saya akan coba angkat beberapa hal yang kecil namun memiliki daya perusak yang luar biasa, yaitu :
1. Kesalahan Niat;
Ini merupakan faktor pertama dan utama yang sangat mempengaruhi setiap amal. Bila sejak awal kita menuntut ilmu dengan niat bukan karena memenuhi ibadah suci untuk memperbaiki kualitas diri, maka yang kita dapatkan hanyalah apa yang kita niatkan itu. Contohnya saja sejak awal kita sekolah biar enak dapat kerja, ya akhirnya hanya itu yang di dapat, iya kalau dapat, kebanyakan orang yang memilih sekolah singkat kerja cepat justru tidak bisa cepat-cepat dapat kerja. Oleh karenanya mari perbaiki niat. Dengan niat ibadah insyaalloh yang lain bakal ngikut.
2. Melakukan Kecurangan;
melakukan kecurangan di sini dalam hal peroses pencarian ilmu tadi. Contoh ketika hendak mendaftar lewat jalan pintas dengan cara menyogok. Atau ketika ujian dilakukan dengan cara mencontek. Ingatlah wahai saudaraku, sesuatu yang berasah dari yang haram tidak akan pernah membawa manfaat bagi hidup.
3. Membenci Guru;
Hal yang satu ini kadang terjadi pada sebagian kita. Apabila dalam hati sudah tertanam dalam perasaan dengaki dan benci terhadap seseorang, maka mustahil aliat tidak mungkin perkataan orang itu akan kita dengar, apalagi kita terima, iya khan ??
4. Kurang Sadar tentang manfaat ilmu untuk diri;
Apabila seseorang kurang menyadari betapa pentingnya sesuatu itu bagi dirinya, maka ia pun tidak akan serius dan sepenuh hati menghadapinya
5. Kurang usaha dan kemauan
Apabila faktor no. 4 sudah terjangkit, maka sudah menjadi suatu yang otomatis no. 5 akan terjadi.
Share:

4 comments:

  1. bagus banget artikelnya. Memang yang terpenting adalah niat pada saat kita menimba ilmu. Kita harus meniatkan agar ilmu kita ini bisa diamalkan untuk kebaikan umat muslim di indonesia maupun di dunia. selain itu pada saat kita mulai belajar jangan lupa baca bismillahirrahmanirrahim dan berdoa agar dengan semakin bertambah ilmu maka semakin kita mencintai allah.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT