Small Scratch to The World

Monday, July 6, 2009

Kriteria Pemimpin Sejati

Bila kita berbicara tentang apa saja dan seperti apa kriteria pemimpin yang sejati, Islam sudah punya setandar umum. Seperti yang tergambar dalam falsafat sholat berjamaah yang insyaallh kita laksanakan lima kali dalam sehari itu. Apakah itu, mari sama-sama kita lihat apa saja kriteria itu.

Dalam sholat berjamaah, terdapat begitu banyak nilai dan ilmu yang dapat dipetik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini coba kita angkat tentang kriteria pemimpin sejati. Antara lain akan saya coba ankat tiga kriteria, yaitu :
1. Berada di depan
Dalam hal ini, seorang pemimpin hendaklah selalu berada di depan dalam segala hal, karena ia merupakan publik figur yang menjadi tauladan bagi masyarakat yang dipimpinnya. Merupakan hal yang lucu bila seorang pemimpin memerintahkan masyarakatnya untuk riku' dan sujud sedangkan dia sendiri masih berdiri.
2. Menerima bila diingatkan
Salah satu sifat pemimpin sejati adalah keterbukaan terhadap koreksi dari masyarakatnya, contohnya bila tiba-tiba imam lupa gerakan, maka ma'mum menegur dengan cara yang sudah ditetapkan oleh syar'i
3. Mengikuti Syariat Alloh
Hal ini merupakan sebuah keharusan yang mutlak. Merupakan hal yang mustahil bila seorang imam tiba-tiba menambah gerakan dalam sholat, maka dikhawatirkan akan diikuti oleh ma'mum-ma'mum yang awam.

Itulah sedikit yang bisa saya terangkan, Saya yakin para pembaca masih lebih pintar dan lebih banyak lagi yang mengetahui apa-apa yang tidak saya ketahui. Silahkan dikomentari...


Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT