Small Scratch to The World

Wednesday, March 18, 2009

Uji Leadership Dengan Jadwal


Urusan buat-membuat jadwal mungkin sebagian dari kita merupakan ahlinya, bahkan sampai dapat gelar spesialis jadwal he... he... he...
Tapi yang perlu menjadi perhatian adalah, bisakah kita menjamin setelah jadwal itu dibuat akan menjamin keberlangsungan pelaksanaannya. Di sinilah jiwa leadership kita diuji. Apa yang harus kita lakukan...?????

Sebenarnya urusan buat-membuat jadwal itu mudah, bahkan sangatlah mudah. Namun setidak-tidaknya ada yang ahrus diperhatikan setelah jadwal itu dibuat. Hal ini sangatlah penting, apalagi bila kita membuatnya dalam lingkup kita sebagai pemimpin. Apakah itu?, dalam hal ini penulis mengambil tiga poin untuk sementara yang harus diperhatikan, yaitu :
1. Komando terdepan
Ketika jadwal sudah tertulis, terkadang sebagai pembuat merasa dirinya tidak perlu ikut menjadi pelaksana, setidaknya hanya pemain belakang atau merasa sebagai orang penting yang minta dilayani. Perasaan seperti ini harus dibuang jauh-jauh, kita harus menjadi komando pelaksana jadwal yang telah kita buat. ini sangat menentukan kualitas pencapaian tujuan akhir.
2. Kontrol Ketat
Setelah jadwal terlaksana dengan baik, lakukan kontrol secara ketat dan kontinyu. Terkadang bila tidak ada kontrol, maka yang terjadi adalah semangat hanya di awalnya saja.
3. Evaluasi
Setelah dua poin di atas terlaksana. Lakukan evaluasi secara teratur tiap priode tertentu sebagia kontrol atas kualitas kinerja yang sudah dilakukan. Dengan adanya evaluasi kita bisa mengetahui apa yang lebih, apa yang kurang,dan apa yang perlu disempurnakan dari apa yang sudah dilaukan.

Nah.... silahkan dicoba....., salam perubahan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT