Small Scratch to The World

Saturday, January 3, 2009

Tahun Baru, Semangat Baru


Hai sobat muslim, wah… tanpa terasa kita sudah memasuki tahun yang baru, tahun 1430 H, dimana biasanya orang akan merayakan merayakan tahun baru itu dengan sangat meriah, seperti halnya yang dilakukan pada saat pergantian tahun Masehi. Bagaimana dengan kita, seharusnya kita jangan mau kalah dunk, bukankah masyarakat Islam merupakan masyarakat mayoritas di Indonesia (bukan masyarakat beriman lho !).

Sebenarnya, kalau umat Islam benar-benar mencintai budaya Islam, maka acara tahun baru Hijriah akan lebih meriah dari pada acara tahun baru Masehi lho ! Tapi kenyataan yang kita lihat sekarang adalah justru ummat Islam lebih tertarik dengan perayaan tahun baru Masehi yang pada hakekatnya merupakan perayaan tahun baru milik ummat lain. Tapi untungnya ustadz-ustadzah dan pengurus IRMAS pada kretif tuh, ada aja cara untuk memeriahkan tahun Baru Islam, semangat untuk para pemuda Islam, Allahu akbar……
Nah, sekarang yang perlu kita pikirkan untuk mengawali tahun yang baru ini adalah..
Perbaharui Niat
Jangan salah mengartikan dulu, perbaharui niat bukan berarti membuat niat yang baru, akan tetapi niat yang sudah ada disegar-segarkan kembali, semangat awalnya dikenang kembali, agar nantinya semangat itu akan muncul sebagaimana semangan awal ketika kita pertama kali berniat.
Perbaharui Strategi (taktik, tekhnik, formasi, dll)
Setelah niat kembali baru, sekarang giliran strategi yang musti diperbaharui, mungkin strategi yang selama ini kita gunakan untuk menjalankan niat dan untuk mengapai cita-cita sudah tumpul, sampai-sampai tidak mempan lagi untuk digunakan. Nah ini pentingnya pembaharuan strategi, susun kembali rencana-rencana baru yang lebih spektakuler, dasyat, dan mutakhir untuk menuju cita-cita. Yah… mungkin salah satunya adalah dengan menyusun kembali jadwal-jadwal baru untuk diperguanakan selanjutnya.
Tingkatkan Semangat
Biasanya sich, apabila acara sudah berada di penghujung-penghujung akan berakhir, semangat juga ikut berakhir, nah sama halnya dengan kehidupan, ada kalanya semangat itu kendor dan melemah. Sekarang sudah saatnya kita bangun kembali semangat itu, sehingga pandangan masa depan akan lebih cerah kita pandang dan kita akan lebih antusias untuk menjemputnya.
Mantapkan Tekad
Tekad yang sudah tertancap dalam diri kita perlu dimantapkan lagi, sebagai antisipasi untuk mencegah turunnya semangat kita terhadap tekad awal perjuangan hidup. Ini penting lho… karena apabila tekad awal kita yang begitu kuat tiba-tiba melemah maka resiko kegagalan itu akan lebih besar menghadang. Sebelum terlambat, yuk… perkuat kembali tekad kita uantuk menggapai masa depan dengan penuh kemenangan.
Istiqimah
Setalah semuanya diperbaharui, yang musti dilakukan selanjutnya adalah istiqomah terhadap apa yang sudah kita buat, sekali kali melangkah maka pantangan untuk mundur kembali.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang sopan dan bijaksana cermin kecerdasan pemiliknya

Unordered List


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

-------------------------------------------------

Blogger competition say it to HIT